SAVELINK

Minggu, 03 Maret 2019

POHON SIRSAK DAN MANFAATNYA UNTUK KESEHATAN

Tahukah anda bahwa buah Sirsak yang tumbuh subur di sekitar rumah anda memiliki banyak manfaat ?. Kadang kita menganggap pohon yang satu ini sebagai pohon yang biasa saja alias tidak memiliki manfaat. bahkan yang sudah tumbuh subur pun kita tebang. itub terjadi karena ketidak tahuan kita tentang manfaat pohon yang satu ini untuk kesehatan. Oleh karena itu melalui Blog Sederhana ini Admin akan berbagi tentang Pohon Sirsak, Pohon yang kaya manfaat.
Sekilas Tentang Tanaman Sirsak

Sirsak, nangka belanda, atau durian belanda
adalah tumbuhan berguna yang berasal dari Karibia, Amerika Tengah Dan Amerika Selatan.
Di berbagai daerah Indonesia dikenal sebagai nangka sebrang, nangka landa  Buah ini di datangkan oleh pemerintah Hindia Belanda Pada abad ke 19.

Tanaman ini ditanam secara komersial untuk diambil daging buahnya. Tumbuhan ini dapat tumbuh di sembarang tempat, paling baik ditanam di daerah yang cukup berair. Nama sirsak sendiri berasal dari bahasa Belanda. Zuurzak. yang berarti "kantung yang asam".
Tanaman ini ditanam secara komersial atau sambilan untuk diambil Buahnya.Pohon sirsak bisa mencapai tinggi 9 meter. Di Indonesia sirsak dapat tumbuh dengan baik pada ketinggian 1000 m dari permukaan laut.

 Tumbuhan sirsak memiliki banyak manfaat dari setiap bagian bagiannya, diantaranya adalah :

1. Buahnya

a.  Buah sirsak dapat diolah menjadi paganan istimewa dengan banyak pemanfaatnya, misalnya       dapat dibuat jus sirsak yang dapat melegakan dahaga dan tenggorokan. 
b. Buah sirsak juga dapat menjaga sistem imunitas tubuh untuk melawan berbagai gangguan penyakit atau kesehatan tubuh dari bahaya bakteri dan jamur.
c. Buah sirsak juga dapat memperlancar buang air besar sehingga terhindar dari masalah sembelit. 
Para pakar riset obat dari Amerika Serikat meneliti bahwa daun Graviola atau yang sebut juga dengan daun sirsak ini memang mengandung zat anti kanker (Annonaceous Acetogenin) yang memiliki manfaat sebagai zat yang ampuh untuk membasmi dan membunuh tumor dan sel-sel kanker yang mematikan tanpa mengganggu sel-sel penting lainnya di dalam tubuh. 

2.  Daunya      


1. Daun sirsak yang pemanfaatannya dengan cara direbus dapat menghambat perkembangan sel-sel kanker tidak normal dan membangkitkan kembali sel-sel tubuh yang normal

2. Daun sirsak juga menghangatkan perut tanpa mengganggu fungsi organ tubuh lainnya seperti lambung dan hati.

3. Daun sirsak juga dapat dimanfaatkan sebagai herbal untuk menurunkan berat badan.

4. Mengatasi masalah kerontokan rambut.

5. Melindungi dan memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mencegah infeksi yang mematikan.

6. Mengobati kanker payudara, usus besar, paru-paru, prostat dan pankreas.

7. Mengobati sakit pinggang.

8. Mengatasi bayi yang terkena diare atau mencret.

9. Mengatasi ambeien atau wasir, bisul.

10. Mengatasi anyang-anyangan atau pembuangan air kemih yang tidak lancar.

11. Mengatasi sakit saat berkemih.

12. Mengatasi penyakit liver atau hati.

13. Mengatasi eksim (salah satu penyakit kulit).

14. Mengobati sakit reumatik atau persendian.

15. Sebagai anti-bakteri.
16. Membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

3.  Bunganya 
- Bunga dari tumbuhan sirsak dapat dimanfaatkan sebagai obat penyembuhan untuk mata katarak. Tanaman sirsak juga mengandung Nilai kandungan gizi dari senyawa alamiah yang membuktikan tamanan sirsak ini memiliki khasiat yang luar biasa, karena dilandasi dan dipengaruhi oleh senyawa aktif dari tiap bagian tumbuhan sirsak.
   
loading...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ADNOW

loading...

Di Unggulkan

FOTO KELAS VI

 

Terpoluler